Antar Mahasiswa Siap Bekerja, UNISMA Bekasi Adakan MoU dengan Badan Pengembangan dan Pelatihan Kerja (BPPLK)


  • Bekasi- Dalam rangka memberikan bimbingan kepada lulusan mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja, UNISMA Bekasi berinisiatif mengadakan MoU Kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Rabu (25/1).
    BBPLK adalah badan yang dibentuk oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Badan ini memiliki misi memberikan pelatihan kemampuan skill bekerja kepada SDM di seluruh daerah di Indonesia.
    Dalam kerjasama ini, ada dua poin penting yang dilakukan, yaitu kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemberdayaan Lulusan UNISMA Bekasi. Khususnya, membekali para lulusan mahasiswa dengan keterampilan softskill dalam bekerja. Sehingga lulusan UNISMA Bekasi tidak hanya kompeten di bidang ilmunya saja (hardskill), melainkan pula dengan sikap, attitude kerja yang baik (softskill).
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard University AS, menunjukkan kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill. Jadi, kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill), melainkan lebih pada kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).
    Menyadari hal ini, UNISMA Bekasi mencoba memberikan pendidikan yang paripurna kepada mahasiswanya. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK). Dalam menyelenggarakan Seminar kerja, Bursa kerja (job fair), Pelatihan menulis CV, Tes wawancara dan lain sebagainya.Diharapkan, kerjasama ini dapat meningkatkan knowledge, hardskill, dan attitude/softskill calon lulusan mahasiswa UNISMA untuk semakin siap memasuki dunia kerja.(HUMAS UNISMA Bekasi)