Wujudkan Kampus Sebagai Pusat Studi, UNISMA Bekasi Adakan Kerjasama dengan PT. Raja Grafindo Persada

Bekasi- UNISMA Bekasi bertekad mewujudkan nawacita dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni Kampus sebagai; 1) Pusat Pendidikan dan Pengajaran; serta 2) Pusat Penelitian dan Pengembangan. Salah satunya dengan memotivasi para Dosen untuk aktif melahirkan karya penelitian maupun sebuah buku.

Upaya tersebut dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara UNISMA Bekasi dengan PT. Raja Grafindo Persada di Ruang Seminar Gedung I Lt. III, Kamis (15/11). Melalui kerjasama dengan pihak penerbitan buku diharapkan dapat memotivasi tiap Dosen UNISMA untuk terus menelurkan karya mereka.

Setelah penandatangan MoU, acara kemudian dilanjutkan denga Seminar yang diisi oleh Tim PT Raja Grafindo. Tema pada seminar tersebut ialah “Kiat-kiat Penulisan Buku Teks dan Buku Ajar Skala Nasional dan Mencegah Generasi Nol Literasi”.

Pada seminar tersebut, narasumber PT Raja Grafindo Henny Wuryansari mengatakan membuat sebuah buku bagi praktisi Dosen sebenarnya adalah hal yang mudah.

“Apa yang mereka ajarkan tiap hari (bahan ajar), jika dikompilasikan maka bisa menghasilkan suatu Buku Ajar yang utuh,” ucap Henny dalam seminar tersebut.

Henny juga menambahkan, penerbitan suatu “hasil studi dan penelitian” sangatlah penting bagi Dosen. “Seperti Jurnal, jika sudah diterbitkan, baru ia akan bernilai begitupula dengan sebuah riset. Jika sudah diterbitkan dalam bentuk Buku, maka “Sah” -lah menjadi sebuah karya. Selain itu, semakin banyak buku yang dihasilkan maka semakin memperkuat keberadaan kampus sebagai pusat lembaga studi.

Nantinya dengan kerjasama ini, Dosen akan bekerjasama dengan tim editor dari PT Raja Grafindo dalam proses penyusunan buku. Rektor UNISMA Nandang Najmulmunir juga berharap, setelah adanya kerjasama ini, semakin banyak buku karya Dosen UNISMA yang terbit dipasaran. ***(HUMAS UNISMA Bekasi)